Website Resmi Kedutaan  Besar Amerika Serikat di Jakarta, Indonesia


 

 

 

SIARAN PERS KEDUTAAN BESAR AMERIKA

 SERIKAT

PUBLIC AFFAIRS SECTION

A.S. Peringati Hari AIDS Sedunia Dengan Indonesia

1 Desember 2004

english version

 

Kedutaan Besar A.S., melalui Badan Pembangunan Internasional A.S. (USAID), mendapat kehormatan menjadi mitra rakyat Indonesia dalam membangun sebuah masa depan yang bebas dari AIDS.

Menurut William M. Frej, Direktur USAID, "Rakyat Amerika bangga bisa bekerja sama dengan rakyat Indonesia untuk mencegah penyebaran AIDS dalam tahap awal ini, dan akan menyediakan dana HIV/AIDS senilai $45 juta selama lima tahun ke depan."

USAID, Family Health International (FHI) dan donatur lain bekerjasama dengan MTV Indonesia dalam berbagai kegiatan untuk memperingati Hari AIDS Sedunia 2004 di Indonesia. Dengan sasaran kaum muda berusia antara 15 dan 30 tahun, kampanye "Tetap Hidup" (Staying Alive) bertujuan meningkatkan kesadaran dan mendorong perubahan perilaku pribadi untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS di kalangan kelompok yang rentan ini. Puncak program hari AIDS Sedunia MTV adalah konser musik di Pantai Ancol pada tanggal 4 Desember. Konser itu akan menampilkan pertunjukan musik pop.

Sejumlah iklan layanan masyarakat dan enam sketsa MTV yang memberi informasi mendalam tentang isu-isu penyalahgunaan obat bius, praktik seks aman dan pemberdayaan perempuan dan anak gadis agar mereka bisa melindungi diri sendiri akan melengkapi konser itu dan mendorong kesadaran dan pesan-pesan pencegahan. Program "MTV Land" yang populer itu akan mempersembahkan 13 episodenya bagi wawancara dengan para pakar tentang HIV dan diskusi dengan kalangan selebritis lokal mengenai berbagai isu yang terkait dengan AIDS antara bulan November dan Januari.

Selain itu, USAID dan FHI bekerjasama dengan harian Rakyat Merdeka untuk menyelenggarakan konser musik dangdut bertajuk "Ratu Dangdut" pada 5 Desember di Taman Mini Indonesia Indah. Konser tersebut akan menampilkan kompetisi persaudaraan di kalangan para penyanyi dangdut terkenal Jakarta, yang masing-masing akan menyampaikan pesan tentang HIV/AIDS selama pertunjukan.

USAID dan Departemen Pertanian A.S. bersama-sama dengan FHI, Land O' Lakes dan Komite Kemanusiaan Indonesia akan menyelenggarakan pertunjukan wayang kulit. Dengan bantuan dari Himpunan Dalang Indonesia, 19 dalang kondang sudah mendapat pelatihan tentang HIV/AIDS dan bagaimana mereka bisa memasukkan pesan-pesan yang menggugah tentang penyalahgunaan obat bius dan perilaku berisiko tinggi lain yang terkait dengan HIV/AIDS dalam pertunjukan mereka. Pertunjukan itu akan diadakan di Keraton Yogyakarta pada tanggal 11 Desember dan akan terbuka bagi umum.

Kegiatan lain yang disponsori oleh USAID adalah serangkaian acara bincang-bincang radio interaktif yang menampilkan Nurul Arifin di Radio 68H pada tanggal 1 Desember, dan sebuah kompetisi poster pada 16 Desember di Kampus Institut Ilmu Politik dan Sosial Jakarta.

Tema Hari AIDS Sedunia tahun ini - melindungi perempuan dan anak gadis dari AIDS - merupakan sebuah prioritas dalam Rencana Darurat A.S. untuk AIDS, suatu prakarsa bernilai $15 miliar selama lima tahun untuk memerangi penyakit ini di lebih dari 100 negara di dunia.

Untuk keterangan lebih lanjut tentang isu ini dan kegiatan USAID yang lain, harap hubungi Betina Moreira pada bmoreira@usaid.gov atau 3435-9424.

 

* * *

 

 

 

Home Page Kedutaan AS
Pusat Informasi Kedutaan AS | Informasi Visa | American Citizen Services

Ke atas | Umpan balik

Link ke situs Internet yang bukan milik pemerintah Amerika bukan berarti bahwa pemerintah Amerika menyetujui sudut pandang organisasi tersebut.