Website Resmi Kedutaan  Besar Amerika Serikat di Jakarta, Indonesia


 

 

 

TEKS RESMI

PUBLIC AFFAIRS SECTION

Asisten Perwakilan Dagang A.S. Kunjungi Jakarta
untuk Bahas Pembalakan Liar, HaKI

10 September 2007

English

Mark Linscott, Asisten Perwakilan Dagang A.S. untuk Lingkungan dan Sumber Daya Alam, memimpin sebuah delegasi dari Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR) ke Indonesia pada 5-7 September 2007. Delegasi ini telah bertemu dengan para pejabat kunci pemerintah Indonesia di Badan Koordinasi Penanaman Modal, Departemen Perindustrian, Departemen Kehutanan, Kelompok Kerja Nasional Bidang Hak Kekayaan Intelektual, dan Sekretariat ASEAN, serta sekelompok pemuka bisnis dan aktivis LSM untuk membahas beragam isu, termasuk pembalakan liar, Hak Kekayaan Intelektual (HaKI), dan perdagangan bilateral.

“Saya sungguh menghargai berbagai kemitraan yang kami jalin dengan Departemen Kehutanan dan Departemen Perindustrian dalam isu pembalakan liar, serta dialog yang telah kami lakukan dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang prihatin dengan isu ini. LSM memainkan peran yang sangat penting baik di Indonesia maupun di negara kami dalam hal pembalakan liar,” kata Linscott.

Mengenai kerjasama A.S.-Indonesia dalam pembalakan liar di masa yang akan datang, Linscott mengatakan, “Saya berencana untuk segera kembali ke Jakarta dengan rekan-rekan saya dari Departemen Luar Negeri A.S. untuk memimpin sebuah delegasi antar-badan untuk membicarakan tentang langkah-langkah selanjutnya dalam kerjasama A.S.-Indonesia dalam bidang pembalakan liar.”

Turut sebagai anggota dalam delegasi USTR ini antara lain Deputi Asisten Perwakilan Dagang A.S. Doug Bell, Direktur untuk Asia Tenggara David Katz dan Direktur Kantor Hak Kekayaan Intelektual Rachel Bae.

Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR) adalah badan pemerintah A.S. yang melakukan negosiasi secara langsung dengan pemerintah asing untuk membuat perjanjian dagang, menyelesaikan perselisihan dagang, dan berpartisipasi dalam berbagai organisasi kebijakan perdagangan internasional. Mereka juga bertemu dengan pemerintah dan kelompok-kelompok lain untuk mengumpulkan masukan mengenai isu-isu perdagangan serta menjelaskan posisi kebijakan perdagangan Presiden A.S.

Mark Linscott ditunjuk sebagai Asisten Perwakilan Dagang A.S. untuk Lingkungan dan Sumber Daya Alam pada Oktober 2003, setelah sebelumnya menjabat sebagai Deputi Asisten Perwakilan Dagang A.S. sejak Juli 2002.

***