Website Resmi Kedutaan  Besar Amerika Serikat di Jakarta, Indonesia


 

 

 

SIARAN PERS KEDUBES AMERIKA SERIKAT

PUBLIC AFFAIRS 
    SECTION



Amerika Serikat Ucapkan Selamat kepada Indonesia, Brunei dan Malaysia atas Penandatanganan Deklarasi "Jantung Borneo"


13 Februari  2007

English version

 

Amerika Serikat memuji visi Pemerintah Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia dalam menandatangani sebuah deklarasi pada 12 Februari 2007 di Bali yang mencanangkan kerjasama untuk membentuk suatu jaringan kawasan yang dilindungi serta untuk memastikan pelestarian dan pengelolaan secara efektif sumber-sumber daya hutan di wilayah “Jantung Borneo”. Kawasan seluas 220.000 kilometer persegi yang dimiliki bersama oleh ketiga negara menyimpan kekayaan berupa hutan hujan tropis yang penuh kehidupan, yang merupakan tempat tinggal beraneka ragam flora dan fauna yang unik.

Pada Juli 2006, Menteri Luar Negeri A.S. Condoleezza Rice mengumumkan bantuan senilai 100.000 dolar AS untuk mendukung prakarsa regional yang menjanjikan ini dan menitikberatkan pada penanggulangan pembalakkan liar dan perdagangan satwa liar. Porsi pertama dana bantuan A.S. ini akan diserahkan kepada Badan Dana Dunia untuk Satwa Liar (WWF) untuk membantu mengembangkan rencana konservasi bagi “Jantung Borneo” bersama dengan tiga negara. Sisa dana bantuan tersebut akan diserahkan melalui Organisasi Kayu Tropis Internasional (International Tropical Timber Organization) untuk proyek-proyek selanjutnya guna memajukan kerjasama antar perbatasan di bawah prakarsa ini.

Dukungan Amerika Serikat terhadap prakarsa “Jantung Borneo” secara signifikan mendorong tujuan pelestarian internasional Amerika Serikat di bawah Prakarsa Presiden Melawan Pembalakan Liar (President's Initiative Against Illegal Logging /PIAIL) dan Koalisi Melawan Perdagangan Satwa Liar (Coalition Against Wildlife Trafficking/CAWT). PIAIL yang diluncurkan pada 2003 menyatukan berbagai upaya Pemerintah AS dengan dukungan dari kalangan industri dan LSM untuk membantu negara-negara berkembang meningkatkan tata kehutanan dan pengelolaan hutan secara lestari. CAWT adalah sebuah kemitraan global antara pemerintah, LSM, dan organisasi-organisasi internasional yang bertujuan menghentikan perdagangan ilegal satwa liar dan produk-produk yang dihasilkan dari satwa liar.

 * * *

 

Home Page Kedutaan AS
Pusat Informasi Kedutaan AS | Informasi Visa | American Citizen Services

Ke atas | Umpan balik

Link ke situs Internet yang bukan milik pemerintah Amerika bukan berarti bahwa pemerintah Amerika menyetujui sudut pandang organisasi tersebut.